Andretama, - (2023) IMPLEMENTASI CHATBOT PADA LAYANAN C3 DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS : PTIPD UIN SUSKA RIAU ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Laporan Andretama_11751102220_BAB 1,2,3,5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Laporan Andretama_11751102220_Bab 4 ONLY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
PTIPD atau Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data adalah lembaga yang mengatasi segala permasalahan mengenai seputar teknologi dan informasi di UIN Suska Riau. Dalam melayani permasalahan yang dialami oleh mahasiswa atau calon mahasiswa disediakan layanan berupa C3 atau Customer Care Center. Namun dalam mengatasi permasalahan yang ada, C3 sendiri kesulitan untuk membalas seluruh pertanyaan yang diterima. Maka dalam mengatasi permasalahan tersebut, dirancang chatbot yang dapat menjawab pertanyaan secara otomatis dengan menggunakan metode Naive bayes classifier dalam mengidentifikasi pertanyaan yang masuk. Tidak hanya itu, chatbot ini menggunakan proses text preprocessing dan TF-IDF dalam memberikan hasil yang lebih baik dengan tingkat akurasi pertanyaan dan jawaban sebesar 84% dan 72% serta penilaian User Acceptance Test (UAT) sebesar 82%. Kata Kunci : Chatbot, Naive Bayes Classifier, Text Preprocessing, Customer Care Center
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 08:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 08:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74129 |
Actions (login required)
View Item |