AHMAD SETIAWAN, - (2023) PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CV. CITA RASA BARU PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL OK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmad Setiawan (2023): “Pengaruh Price Discount Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah” Dalam masa perdagangan bebas ataupun globalisasi dikala ini, terjalin perpindahan strategi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan. Strategi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan, membuat industri wajib menguasai kebutuhan pelanggan buat menggapai kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat dicermati oleh industri sebab hendak berakibat pada kinerja penjualan di distributor CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru adalah salah satu distributor Frozen Food yang memperhatikan Price Discount yang di tawarkan kepada pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan Perspektif Ekonomi Syariah pada CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan. Bagaimanakah tinjauan ekonomi syariah tentang Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah 106 responden, namun sampel yang digunakan sebanyak 84 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi Price Discount sebagai variabel bebas dan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil analisis persamaan regresi diperoleh Y = 1,082 + 0,777X artinya nilai konstanta a= 1,082, mengandung arti bahwa ketika variabel Price Discount (X) dianggap sama dengan 0, maka nilai variabel Loyalitas Pelanggan (Y) 1,082 dan nilai Price discount (X)= 0,777 hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai Price discount, maka nilai Loyalitas Pelanggan bertambah sebesar 0,777. Koefisiean regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Hasil uji t adalah thitung>ttabel dan nilai signifikan <0,05. thitung sebesar 9,285 > ttabel 1,988. Dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara Price Discount terhadap Loyalitas pelanggan. Dari nilai koefidien determinasi (R 2 ) sebesar 0,513 artinya nilai tersebut menggambarkan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (Price discount) terhadap naik turunnya variabel dependen (Loyalitas Pelanggan) adalah sebesar 51,3% dan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel. Tinjauan ekonomi syariah mengenai Price discount terhadap Loyalitas Pelanggan adalah kegiatan usaha disributor yang mampu menjadikan Price discount untuk menunjang penjualan menjadi lebih baik, serta memberikan pernyataan kepada pelanggan tentang Price discount dengan kejujuran dan keadilan dari produk yang dijual oleh distributor CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru yang sesuai dengan syariat Islam. Kata kunci : Price Discount, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/74005 |
Actions (login required)
View Item |