AHMAD HUDZORI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
|
Text
skripsi ahmad hudzori lengkap ( kecuali bab IV).pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text
bab IV rev.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekoah menengah atas negeri 13 pekanbaru”. Jenis penelitan adalah Kantitati. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Objek Penelitan adalah siswa pengaruh pembelajaran Problem based learning pada motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas. Hasil penelitan ini membuktikan Model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti dari nilai pembelajaran PBL= 0,975 dan Sig. Motivasi belajar = 0,975. Apabila nilai Sig. PBL > 0,005 atau 0,975 > 0,05 dan Sig. Motivasi belajar > 0,05 atau 0,975 > 0,05 maka dapat disimpukan bahwa Hoditerima atau dapat dikatakan uji nomarlitas pada data PBL dan motivasi belajar sampel peneliti berdistribusi normal. Sedangkan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS.23 maka nilai thitung sebesar 4,320 sehingga thitung 4,320 > 1,048 ttabel Hal ini berarti nilai sig. 0,000 < 0,05, maka disimpukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang berarti aantara Problem Based Learning dengan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 09:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 09:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73797 |
Actions (login required)
View Item |