Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA

DITA SEPTIANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
DITA SEPTIANI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matamatis siswa di SMP Negeri 13 Pekanbaru masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan open-ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan VII.8 seagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung. 2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa tingkat tinggi, sedang dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi penerapan pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan penalaran matematis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan open-ended dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis berdasarkan kemampuan awal matematis siswa di SMP Negeri 13 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:29
Last Modified: 17 Jul 2023 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73679

Actions (login required)

View Item View Item