LUPIANA, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF BAGI SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (26MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
ABSTRAK Lupiana, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Metakognitif Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Reflektis Bagi Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektis matematis siswa SMP Negeri 5 Bathin Solapan. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan metakognitif pada materi aritmatika sosial yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Bathin Solapan, Kab. Bengkalis, Riau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bathin Solapan. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan metakognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket dan soal tes. Instrumen penelitian berupa instrumen validitas yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi LKS oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa berupa data kualitatif dan kauntitatif serta instrumen tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan metakognitif dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 82,73%. Hasil uji praktikalisasi kelompok kecil dengan jumlah responden 10 siswa diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan metakognitif sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 87,27% dan untuk kelompok terbatas yaitu 82,41%. Hasil uji posttest diperoleh nilai Uhitung < Utabel yaitu 13 < 114. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan metakognitif pada materi aritmatika sosial yang telah dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan berpikir reflektif matematis. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model ADDIE, Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Reflektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73673 |
Actions (login required)
View Item |