Sarwedi Rambe (2012) PENETAPAN HARGA PRODUK PADA PT. HERBAL PENAWAR ALWAHIDA (HPA) INDONESIA CABANG PEKANBARU DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012223MUA.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Adapun penulisan skripsi berlatar belakang dari banyaknya bisnis yang menjamur pada saat sekarang ini terutama dibidang kesehatan, dengan jenis obat-obatan, herbal atau makanan yang diperjual belikan, dikenal dengan penjualan dengan sistem multi level marketing (Jaringan) yang di geluti oleh masyarakat terutama yang berazaskan syari’ah pada saat sekarang ini, khususnya yang ada dikota Pekanbaru. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok Permasalahan yakni penetapan harga produk pada PT. HPA Indonesia cabang pekanbaru dan tinjauan fiqh mua’malah terhadap penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan HPA Indonesia cabang pekanbaru tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di PT. HPA Indonesia cabang pekanbaru yang terletak dijalan Tuanku Tambusai/ Nangka ujung Gg. Sepakat No. 6 pekanbaru. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan observasi sebagai data primer yang dihimpun dari pihak PT. HPA Indonesia cabang pekanbaru. Sedangkan data sekunder adalah data yang didapat dari buku- buku yang terkait langsung mengenai masalah yang diteliti, setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan metode deskriptif analitik. Melalui wawancara dan observasi dilapangan diperoleh hasil, setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan fiqh mu’amalah dengan menampilkan Nash al-Quran, hadits dan kaedah fiqhiyah untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian-uraian yang disajikan dan dari berbagai tinjauan, maka penulis memperoleh jawaban bahwa penetapan harga yang dilakukan oleh PT. HPA Indonesia cabang pekanbaru adalah suatu penetapan harga yang sudah sesuai dengan syari’at Islam (Adil) merupakan adil bagi para pedagang berarti barang-barang dagangan mereka tidak dipaksa untuk dijual pada tingkat harga yang dapat menghilangkan nilai keuntungan normal. karna adanya keseimbangan harga pasar yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 03:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 03:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7354 |
Actions (login required)
View Item |