Riska Kartini, Riska (2023) KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA SIAK DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Kota Pekanbaru sebagai salah satu instansi pemerintah berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Kota Pekanbaru didirikan berdasarkan peraturan daerah (Perda) TK. I Provinsi Riau No. 7 Tahun 1976. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Kota Pekanbaru dan apa saja faktor penghambatnya. Teori yang digunakan adalah teori Zeithaml Parassuraman & Berry terdapat lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu : Tangibbles, Realbility, Responsive, Assurance, Empathy. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang diperoleh melalui hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Terdapat dua kelompok populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 3 orang karyawan dan 10 orang pelanggan. Teknik sampling yang dipergunakan dalam menetapkan individu adalah sampling purposive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, kualitas pelayanan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru masih belum berjalan dengan baik sesuai dengan kepuasan pelanggan, hanya satu indikator yaitu assurance yang sudah berjalan dengan baik kepada pelanggannya. Sedangkan indikator Tangibbles, Reability, Responsive, Empathy dapat disimpulkan belum terlaksana dengan baik. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi kualitas pelayanan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru yaitu : Kurangnya sumber daya manusia, tidak adanya SOP waktu kerja dan kurangnya pemerataan pengecekan rutin setiap bulan ke rumah – rumah pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | fekon - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73300 |
Actions (login required)
View Item |