Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TERANG BULAN KABUPATEN ROKAN HULU

YELTA OCTARI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TERANG BULAN KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV YELTA OCTARI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV YELTA OCTARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yelta Octari, (2023) :Pengaruh Penerapan Metode Proyek Berbantuan Media Puzzle terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Terang Bulan Kabupaten Rokan Hulu Perkembangan sosial emosional anak belum berkembang dengan optimal, hal tersebut dikarenakan kurang tepatnya pemilihan metode pembelajaran untuk anak, sehingga perlu dilakukan penerapan metode proyek berbantuan media Puzzle. Kajian teori dalam hal ini dibahas berdasarkan teori Daniel Goleman (Sosial Emosional) kemudian teori oleh Moeslichatoen (Metode Proyek). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode proyek berbantuan media puzzle terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B pada kelas B1,dengan populasi yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pedekatan eksperimen,dan instrumennya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest-posttest. Kemudian hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest =36.11% dan nilai posttest = 96.80%, dengan nilai thitung = 29,117 dan ttabel =1.729, maka thitung > ttabel (29,117 >1.729 ). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digunakan rumus gain ternormalisasi sebesar 95.0% yang termasuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode proyek berbantuan puzzle terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terang Bulan Kabupaten Rokan Hulu. Kata kunci : Metode Proyek (Puzzle), Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:18
Last Modified: 14 Jul 2023 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73278

Actions (login required)

View Item View Item