MEITA ANGGRAINI, - (2023) PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA JASA PENGIRIMAN BARANG J&T EXPRESS CABANG TELUK KUANTAN DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Meita Anggraini (2023): Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Jasa Pengiman Barang J&T Express Cabang Teluk Kuantan Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya service quality untuk meningkatkan customer satisfaction J&T Express dengan ini perusahaan harus melakukan pelayanan yang baik agar terus mendapatkan keuntungan dari kepuasan konsumen tersebut. permasalahan yang diangkat bagaimana service quality berpengaruh terhadap customer satisfaction pada jasa pengiriman barang J&T Express Teluk Kuantan serta bagaimana tinjauan persepektif ekonomi syariah mengenai service quality terhadap customer satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfaction pada jasa pengiriman barang J&T Express Cabang Teluk Kuantan serta untuk mengetahui perspektif ekonomi syariah mengenai service quality terhadap customer satisfaction pada Jasa Pengiman Barang J&T Express Cabang Teluk Kuantan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan responden penelitian ini adalah konsumen J&T Express Cabang Teluk Kuantan dengan jumlah populasi sebesar 2840 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel dibutuhkan 97 responden. Metode pendumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 22. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman barang J&T Express Cabang Teluk Kuantan dengan thitung 7,903 > ttabel 1,988, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Hal ini menujukkan bahwa Ha diterima. Dan nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa R2 sebesar 0,397 yang berarti bahwa 39,7% yang menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi variabel kualitas pelayanan. Sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti. Ditinjau dari ekonomi syariah memberikan pelayanan yang sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam kepada konsumen J&T Express yakni merupakan suatu hal yang akan baik kedepannya bagi perusahaan, hal ini dikarenakan sebagai seorang muslim dalam memberikan pelayanan haruslah mendasarkan pada nilai-nilai ekonomi syari`ah. Tetapi masih ada layanan yang kurang stabil dan tidak baik diterima konsumen sehingga nantiknya akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci: Service Quality, Customer Satisfaction, Perspektif Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:28 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73240 |
Actions (login required)
View Item |