SITI NUR ASMIYAH LUBIS, - (2023) Efektivitas Penerapan Metode Qowaid Wal Tarjamah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII Di Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI SITI NUR ASMIYAH LUBIS.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Nur Asmiyah Lubis, ( 2023): Efektivitas Penerapan Metode Qowaid Wal Tarjamah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII Di Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang terdiri dari dua variabel yaitu metode qowaid wal tarjamah ( X ) dan maharah qiraah (Y ) di Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode qowaid wal tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah penerapan meode qowaid wal tarjmah efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas?. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII - A dan VII - B Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Objek penelitian ini adalah efektivitas penerapan metode qowaid wal tarjamah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas tahun ajaran 2023/2024, dan sampelnya adalah siswa kelas VII – A = 32 sebagai kelas eksperimen dan VII -B = 32 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. dari analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode qowaid wal tarjamah efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Hal ini dibuktikan menggunakan rumus thitung diperoleh thitung = 5,126 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 1% = 2,66 dan pada taraf signifikansi 5% = 2,00. Dan P value 0,000 < dari pada 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penerapan metode qowaid wal tarjamah efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas VII Pondok Pesantren Ja’fariyah Padang Lawas. Kata Kunci: Efektivitas Penerapan Metode Qowaid Wal Tarjamah, Keterampilan Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73228 |
Actions (login required)
View Item |