Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 01 KAMPAR

INTAN LAILATUL PAJRI, - (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 01 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTAN LAILATUL PAJRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Intan Lailatul Pajri (2023) : Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Eksresi Di SMPN 01 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan discovery learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian quasi eksperiment. Penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kampar. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes keterampilan proses sains dan observasi keterlaksanaan model. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji T. Data hasil posttest keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan uji T dan hasil keterlaksanaan model menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji hipotesis pada nilai posttest menggunakan uji independent sample t test diketahui terdapat perbedaan yang singnifikan rata-rata nilai n gain antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (MD=0,337). Hasil ini ditunjukkan dengan nilai t hitung>t tabel yaitu 8,356>2,001, dan nilai sig<0,05 yaitu 0,00. Dengan demikian maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau ada perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning kelas VIII SMPN 1 Kampar. Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Sistem Ekskresi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:00
Last Modified: 14 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73124

Actions (login required)

View Item View Item