DESY TIKA SULISTIANI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER PADA MODEL PEMBELAJARAN NUMBERRED HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS IV SDN 040 RIMBA MAKMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI DESY TIKA SULISTIANI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Desy Tika Sulistiani, (2023): Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier pada Model Pembelajaran Numberred Head Together terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas IV SDN 040 Rimba Makmur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep perkalian di kelas IV SDN 040 Rimba Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media batang napier pada model pembelajaran numberred head together terhadap pemahaman konsep perkalian siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experiment dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN 040 Rimba Makmur Tahun Ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya, dilakukan uji lanjut uji-t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 44,12 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 33, sebesar 1,69, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa sebelum dan sesudah treatment. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa media batang napier pada model pembelajaran numberred head together berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa di kelas IV SDN 040 Rimba Makmur. Kata kunci: Batang Napier, Numberred Head Together, Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:50 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73097 |
Actions (login required)
View Item |