NUR FADILAH, - (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMENDALAM MENGGUNAKANE-MONEY PADAMASYARAKAT GENERASI Z DI KECAMATAN TAMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Fadilah, (2023): Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan E-Money Pada Masyarakat Generasi Z Di Kecamatan Tambang Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Pada saat ini di dunia usaha, penggunaan teknologi khususnya internet sudah lazim digunakan sehingga transaksi menjadi lebih cepat. Gaya hidup modern itu yang mendorong munculnya sistem pembayaran non- tunai seperti penggunaan E-Money. Permaasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, dan niat mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan E-Money pada masyarakat generasi Z di kecamatan Tambang, Faktor mana yang lebih dominan dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan E-Money pada masyarakat generasi Z di kecamatan Tambang dan Bagaimana Perspektif Ekonomi Syariah terhadap penggunaan E-Money. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu masyarakat generasi Z di Kecamatan Tambang. Metode penentun sampel adalah Non Probability Sampling berupa Purposive Sampling. Untuk sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan mengggunakan program SPSS versi 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial pada variabel sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku dengan Nilai t hitung untuk variabel sikap (X1) Sebesar 7.746, Nilai t hitung variabel norma subyektif (X2) Sebesar 5.845, Nilai t hitung variabel kontrol perilaku (X3) Sebesar 5.415, hal ini melebihi nilai t tabel sebesar 1980. Untuk variabel niat (X4) menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh secara parsial yang telah diuktikan dengan nilai t hitung sebesar -3.627. Dari keempat variabel tersebut, variabel yang paling dominan adalah variabel sikap. Dalam perspektif ekonomi syariah penggunaan e-money sesuai dengan prinsip bertransaksi dalam perspektif syariah, hal ini ditunjukkan dengan bertransaksi yang dilakukan dengan cara syariat Islam, seperti halnya tidak terjadi gharar (ketidakjelasan) selama bertransaksi dengan uang elektronik. Kata Kunci: Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku, Niat, E-Money, Generasi Z
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:01 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73061 |
Actions (login required)
View Item |