Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI BERDASARKAN WAKTU DAN PEMBELIAN PRODUK

Anandeanivha Wilrose, - (2023) PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI BERDASARKAN WAKTU DAN PEMBELIAN PRODUK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan TA Anandeanivha Wilrose.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penjualan merupakan aktivitas yang utama dalam setiap bisnis. Dalam pengambilan keputusan bisnis, dapat dilakukan pola penjualan untuk memberikan informasi berguna seperti strategi untuk melakukan promosi. Wandri Mart merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan produk atau barang yang biasa disebut dengan minimarket yang berada di kota Payakumbuh. Dalam melakukan strategi promosi, pemilik Wandri Mart kurang tahu kapan harus melakukan promosi dan promosi apa saja yang dibutuhkan agar dapat meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini agar mendapatkan pola-pola pembelian yang terkait dengan waktu pembelian dan jenis barang yang dibeli, sehingga dapat dikembangkan strategi promosi yang lebih efektif lagi. Metode yang digunakan peneliti yaitu teknik data mining dengan algoritma FP-Growth. Data yang dipakai diambil sebanyak 5471 data transaksi penjualan selama 1 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma FP-Growth terbukti dapat digunakan untuk mengetahui aturan asosiasi menggunakan minimum support 1%, 2%, 3% dan minimum confidence 10%. Percobaan dengan menggunakan Minimum Support 1% dan Minimum Confidence 10% memiliki nilai lift ratio tertinggi dan menghasilkan rules yang lebih banyak dibandingkan dengan percobaan-percobaan lainnya sehingga didapatkan jika pada hari Selasa di bulan Agustus maka pelanggan membeli mie instan dan minuman saset dengan masing-masing support 6% dan 5% serta masing-masing confidence 50% dan 45% dengan lift ratio masing-masing 1.75 dan 1.59. Lift ratio tersebut diartikan bahwa rules tersebut memiliki keakuratan asosiasi tinggi, dan hal ini juga memberikan dampak positif terhadap penjualan serta dapat dijadikan informasi yang bermanfaat bagi Wandri Mart untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:42
Last Modified: 13 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73019

Actions (login required)

View Item View Item