Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

WILGA SHEFIKA, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP/MTs yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kundur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji mann-whitney dan n-gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan blended learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Berdasarkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan blended learning lebih baik dari nilai rata-rata posttest siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Dengan demikian pendekatan blended learning efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:52
Last Modified: 13 Jul 2023 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72990

Actions (login required)

View Item View Item