FAHRUROZI, - (2023) KORELASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEGIATAN MUHADHARAH DENGAN SIKAP ASERTIF PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
||
|
Text
TESIS FAHRUROZI.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fahrurozi, (2023) : Korelasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Kegiatan Muhadharah Dengan Sikap Asertif Pada Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Kampar Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui korelasi antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan sikap asertif pada siswa, kegiatan muhadharah dengan sikap asertif pada siswa serta korelasi antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegiatan muhadharah dengan sikap asertif pada siswa SMA Negeri di kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan dengan pandekatan korelasional kuantitatif dengan pemilihan populasi siswa SMA Negeri di kabupaten Kampar dengan memilih tiga sekolah yang anggap memiliki karakteristik yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu : SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tengah, SMA Negeri 2 Kampar Kiri Tengah dan SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. uji intrumen penelitian angket dengan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan uji korelasi bivariat dan uji korelasi multivariat. Adapun hasil dari penelitian ini ialah hasil uji korelasi bivariat dengan nilai signifikansi X1 (0,00) dan Y (0,00) ≤ 0,05 artinya terdapat hubungan antara variabel X1 dan Y. karena tidak ada tanda (-) pada nilai Pearson Correlation ini berarti bentuk hubungan dari dua variabel ini ialah positif dengan derajat hubungan korelasi “kuat” dengan nilai Pearson Correlation X2 (0,736) dan Y (0, 736). hasil uji korelasi Bivariat dengan nilai signifikansi X2 (0,00) dan Y (0,00) ≤ 0,05 artinya terdapat hubungan antara variabel X1 dan Y. karena tidak ada tanda (-) pada nilai Pearson Correlation ini berarti bentuk hubungan dari dua variabel ini ialah positif dengan derajat hubungan korelasi “kuat” dengan nilai Pearson Correlation X2 (0,644) dan Y (0, 644). Uji Hipotesis Multivariat output SPPS “Model Summary”, diketahui bahwa nilai signifikansinya ialah 0,000 ≤ 0,050 maka hal ini sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji korelasi berganda dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang bermakna pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegiatan Muhadharah berkorelasi secara simultan dengan sikap asertif siswa SMA Negeri di kabupaten
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72911 |
Actions (login required)
View Item |