Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENJUALAN PRODUK KEARIFAN LOKAL “SONGKET HALABAN” DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

GESTI ANGGREYNI AM, - (2023) STRATEGI PENJUALAN PRODUK KEARIFAN LOKAL “SONGKET HALABAN” DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GESTI ANGGREYNI AM.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gesti Anggreyni AM, (2023): Strategi Penjualan Produk Kearifan Lokal “Songket Halaban” Ditinjau Menurut Prespektif Ekonomi Syariah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penjualan produk kearifan lokal songket halaban oleh pelaku usaha di Halaban, kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam penjualan produk kearifan lokal songket Halaban, dan Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi penjualan oleh pelaku usaha songket di Halaban. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research). Yang berlokasi di Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban Kab. Lima Puluh Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang metode pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Sebagai data primer yang di himpun dari pengusaha songket halaban. Sedangkan data skunder adalah data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal serta skripsi yang berhubungan dengan penelitian. Dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik, observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi penjualan produk kearifan lokal songket halaban oleh pelaku usaha di Halaban, strategi penjualan yang digunakan oleh usaha songket halaban adalah menggunakan bauran mix 4p yaitu : strategi produk,strategi place(tempat), strategi price(harga), Strategi promosi (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam penjualan produk kearifan lokal songket Halaban yaitu : sulitnya medistribusikan produk, SDM yang semakin lama semakin berkurang dikarenakan remaja yang banyak kurang meminati bertenun, Kurangnya pelatihan dan pengembangan SDM, Promosi produk yang belum optimal oleh usaha songket halaban, Biaya bahan baku yang semakin hari semakin mahal, Bahan baku yang sulit di dapatkan karena belum ada di halaban. (3) Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi penjualan oleh pelaku usaha songket di Halaban. sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dengan berpedoman kepada cara-cara bedagagang ala rasulullah yang berpedomankan kepada sifat-sifat sidiq, amanah, tabligh, dan fatanah. Kata Kunci : strategi, strategi penjualan, produk kearifan lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2023 11:49
Last Modified: 11 Jul 2023 11:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72784

Actions (login required)

View Item View Item