Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDIT AL-HUDA PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

DESI MAULINA ARDIANTI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MUATAN PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDIT AL-HUDA PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI MAULINA ARDIANTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desi Maulina Ardianti, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDIT Al-Huda Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Al-Huda Pangkalan Kerinci tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 80 orang. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, VB sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik purpositive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya, dilakukan uji-t (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 98,48 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 52, sebesar 1,67, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah perlakuan. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V SDIT Al-Huda Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Kata kunci: Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:17
Last Modified: 11 Jul 2023 01:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72654

Actions (login required)

View Item View Item