Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA DAREL HIKMAH PEKANBARU

SINTA OKTASARI, - (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SINTA OKTASARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sinta Oktasari, (2023): Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik di SMKS Darel Hikmah Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Darel Hikmah Pekanbaru dan Apa saja faktor pendukung dan faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Darel Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek yang paling utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan beberapa Tenaga Pendidik yang berjumlah sebanyak 6 orang, dan objeknya adalah strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Darel Hikmah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan adapun keabsahan data dapat dilakukan melalui teknik triangulasi data yang terdiri atas triangulasi sumber, traingulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik yaitu dengan melakukan perencanaan-perencanaan seperti membuat program yang mampu meningkatkan kompetensi guru, kemudian melakukan pelatihan-pelatihan dan worskop, melengkapi fasilitas yang menunjang kegiatan mengajar guru, dan melakukan supervisi secara menyeluruh atas pencapaian guru setelah melaksanakan pelatihan-pelatihan atau worskop yang telah disediakan oleh sekolah ataupun dari luar sekolah. Adapun faktor pendukung pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik ini terletak pada kelengkapan fasilitas yang dapat memberikan motivasi agar guru mampu mengembangkan kompetensinya. Sedangkan faktor yang dapat mempengaruhi lambatnya perkembangan strategi ini yaitu jumlah sertifikasi guru yang baru beberapa orang dari jumlah keseluruhan, jumlah guru yang masih sedikit dan tugas guru yang tidak hanya mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Darel Hikmah saja, sehingga titik fokus tenaga pendidik yang ada di sekolah ini kurang dalam peningkatannya. Berdasarkan hasil dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan strategi peningkatan kompetensi profesional tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Darel Hikmah Pekanbaru belum sepenuhnya efektif karena persentase kualifikasi sertifikasi tenaga pendidik yang masih sedikit. Kata Kunci: Peningkatan, Kompetensi Profesional, Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:21
Last Modified: 07 Jul 2023 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72495

Actions (login required)

View Item View Item