Ningsih Wahyuni, Ningsih (2023) PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DESA DI DESA PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
Abstract
BUMDes Mandiri merupakan salah satu lembaga ekonomi desa yang ada di Desa Padang Luas. BUMDes Mandiri merupakan Lembaga perekonomian desa yang mengelola potensi desa guna memperkuat perekonomian masyarakat. Fokus penelitian dalam skrpsi ini yaitu Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dalam Mengembangkan Potensi desa di Desa Padang Luas Kecamatan tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 1 informan kunci, dan 5 orang informan pendukung. Hasil dari penelitian ini yaitu pengelolaan unit usaha yang dijalankan BUMDes Mandiri dalam mengembangkan potensi cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari diperolehnya unit-unit usaha yang dikelola oleh BUMDes diantaranya unit usaha bidang pertanian, unit usaha bidang pelayanan, dan unit usaha bidang peternakan. Serta pengelolaan BUMDes dalam mengembangkan potensi desa menggunakan tahapan 4p yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, BUMDes, Potensi Desa |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72460 |
Actions (login required)
View Item |