NABILAH FARHANAH, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LIRIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nabilah Farhanah, (2023): Pengaruh Penerapan Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lirik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan guru masih menggunakan metode ceramah Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode Peer Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lirik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental dan desain penelitian yang digunakan Non-Equivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 50 siswa dengan rincian 25 siswa MIPA.1 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa IIS 2 kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik t-test (Independent Sample t-Test). Hasil belajar siswa dengan hasil perhitungan uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (2.932 > 2,010). Perhitungan nilai sig (2-tailed) 0,005 < 0,05, maka Ha diterima H0 ditolak. Oleh karena itu, Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara penerapaan metode Peer Teaching dengan metode ceramah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Lirik. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 81.92 lebih tinggi dibandingkan Mean Skor kelas kontrol 78.28 Kata Kunci: Metode Peer Teaching, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 01:26 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 01:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72447 |
Actions (login required)
View Item |