Maulana Auliadi, - (2023) Analisa Usability SIKULI Menggunakan Metode Usability Testing Berbasis ISO 9241-11. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 10 (1). pp. 167-174. ISSN 2443-3640
|
Text
Tugas Akhir - Maulana Auliadi.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Sistem Informasi Kuliah Online (SIKULI) merupakan website penunjang kegiatan perkuliahan yang digunakan untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. SIKULI menjadi sistem penunjang perkuliahan berupa website e-learning namun masih terjadi beberapa kesalahan yang menyebabkan rasa tidak nyaman oleh penggunanya. Layanan ataupun fitur yang tersedia pada SIKULI meliputi halaman beranda, jadwal mata kuliah, halaman mata kuliah, detail otorisasi, capaian dan deskripsi mata kuliah, data pertemuan dan data nilai. Selama penggunaanya terkadang terjadi kendala seperti absensi tidak terbaca, Rencana Pembelajaran Semester yang tidak dapat diunduh dan tugas yang tidak dapat di-upload. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisa pengaruh kegunaan (usability) terhadap pengguna menggunakan metode Usability Testing berdasarkan ISO 9241-11. Tiga aspek pengukuran kegunaan (Usability) menurut IS0 9241-11 yaitu keefektifitasan (Effectiveness), efisiensi (Efficiency), dankepuasan (Satisfaction). Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian terhadap pengguna website SIKULI, selanjutnya dilakukan proses analisa data dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas data, dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIKULI sudah dikatakan cukup bagus dengan nilai keterkaitan R-Square variabel kegunaan (Usability)sebesar 66.8%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:50 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72425 |
Actions (login required)
View Item |