AGUNG SETIAWAN, - (2023) PENGARUH FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TIK TOK SHOP TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MASYARAKAT BERINGIN LESTARI TAPUNG HILIR MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI AGUNG SETIAWAN.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Agung Setiawan (2023): Pengaruh Flash Sale dan Gratis Ongkir Tik Tok Shop Terhadap Pembelian Impulsif Pada Masyarakat Beringin Lestari Menurut Ekonomi Syariah Indonesia negara kedua pengguna aktif Tik-Tok terbesar didunia dengan jumlah 99,1 juta orang. Pada september 2021 tik-tok kembali melakukan inovasi memberikan fitur tik-tok shop, hal ini meningkatkan minat pengguna dalam berbelanja online dengan adanya promo flash sale dan gratis ongkir, konsumen memiliki beragam perilaku pembelian salah satunya adalah pembelian impulsif dengan berbelanja secara spontan tanpa memikirkan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh promo flash sale dan gratis ongkir yang disediakan tik–tok shop terhadap pembelian impulsif dan bagaimana pandangan ekonomi syariah terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan Didesa Beringin Lestari Tapung Hilir. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 890 masyarakat yang berusia 15-35 tahun, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin dan sampel sebanyak 90. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner melalui media google form sebagai data primer dan sumber literatur buku dan jurnal sebagai sumber data sekunder. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, flash sale dan gratis ongkir tik-tok shop memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Hasil Uji t bahwa flash sale (X1) gratis ongkir (X2) mempunyai pengaruh terhadap pembelian impulsif. Hasil Uji f bahwa secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Dengan kekuatan hubungan flash sale dan gratis ongkir tik tok shop terhadap pembelian impulsif, sebesar 39,481. Koefesien Determinasi (R) menunjukkan nilai R Square sebesar 47,6 yang artinya flash sale dan gratis ongkir tik tok shop secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembelian impulsif sebesar 47,6%. Sisanya sebesar 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Menurut tinjauan ekonomi syariah masyarakat desa Beringin Lestari Tapung Hilir sebagai konsumen belanja online masyarakat masih belum menyesuaikan dengan kebutuhan melainkan masih mengedepankan keinginan, masyarakat masih cenderung berperilaku israf atau pemborosan dan masih belum mempertimbangkan dalam membeli secara spontan atau mendadak. Kata Kunci: Flash sale, Ongkos Kirim, Pembelian Impulsif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:41 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72381 |
Actions (login required)
View Item |