Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMA N 2 BANGKO PUSAKO

SAHRINA, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SMA N 2 BANGKO PUSAKO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAHRINA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sahrina (2023) : Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Indonesia SMA N 2 Bangko Pusako. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia SMA N 2 Bangko Pusako. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 untuk kelas kontrol dengan perlakuan konvensional dan dan siswa kelas XI IPS 1 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan media Sosial Youtube. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttes angket minat belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Sosial Youtube pada kelas eksperimen memberikan pengaruh positif yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia. Rata-rata peningkatan minat belajar siswa (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan 55,7% dan 12,29%. Kata Kunci: Media Sosial Youtube, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2023 05:00
Last Modified: 04 Jul 2023 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72313

Actions (login required)

View Item View Item