ISRAN BIDIN, - (2023) KONSTRUKSI MANUSIA RABBANIY MELALUI PENDIDIKAN ISLAM. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DISERTASI ISRAN BIDIN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Berbagai perspektif mempengaruhi gerak pendidikan termasuk pendidikan Islam yang terkadang menjadikan pendidikan Islam lari dari tujuannya. Di sisi lain, berbagai problematika ikut pula memperburuk keadaan, memperlambat bahkan menjauhkan pendidikan Islam dari misi Islam. Sementara kehendak Allah swt menciptakan manusia adalah agar mengabdi kepada-Nya (tujuan penciptaan) lalu dihidupkan selama menjalani pentas dunia ini menjadi abdi Allah Swt yang akan kembali kepada-Nya dengan bahagia (tujuan hidup). Demi mensejalankan tujuan penciptaan dan tujuan hidup manusia itu diperlukan pendidikan Islam yang selaras pula dengan kehendak- Nya. Baik dasarnya, prosesnya dan tujuannya adalah dalam rangka mewujudkan sosok manusia yang sejalan dengan kehendak Allah Swt tersebut. Manusia yang demikian dalam terminologi Al-Qurân dan Hadits dinamakannya manusia rabbâniy. Konsep rabbâniy sendiri dikonstruksi atas pertimbanagan sebagai jalan temu yang mempertemukan/mensejalankan antara tujuan penciptaan, tujuan hidup manusia dengan tujuan pendidikan islam, paradigma yang menyeluruh, pendekatan yang teoritis dan aplikatif. Jenis Penelititian ini adalah library research. Sumber referensi dalam penulisan ini, dari ; (1) Referensi Primer digali dari Al-Qur’an dan Al-Hadis, kitab tafsir, ilmu pendidikan Islam dan jurnal – jurnal pendidikan Islam dan (2) Referensi Skunder diambil dari literatur – literatur lain yang ada kaitannya dengan pembahasan ini seperti jurnal online. Refensi-referensi tersebut dianalisis secara kualitatif melalui sistematika grand konsep dengan metode deskriptif analitik (mendeskripsikan konsep manusia menurut Quran dan Barat serta konsep tujuan pendidikan. Selanjutnya menganalisis dan dikonstruksi konsep manusia rabbâniy lalu menganalisis dan mengkonstruksi pendidikan rabbâniy untuk mewujudkan manusia rabbâniy tersebut). Hasil penelitian ini berupa konstruksi konsep manusia rabbâniy secara terminologis, filosofis dan pedagogis. Konstruksi tersebut meliputi dua aspek : (1) Konsepsi manusia rabbâniy, meliputi : pengertian manusia rabbâniy secara bahasa dan istilah, parameter – parameter/indikatornya lalu dilanjutkan mengkonstruksi konsepsi ontologi rabbâniy, epistemologi rabbâniy dan aksiologi rabbâniy, dan (2) Konstruksi aspek aplikasi pendidikan rabbâniy sebagai jalan yang ditempuh untuk mewujudkan manusia rabbâniy, meliputi : pengertian pendidikan rabbâniy, karakter/corak pendidikan rabbâniy, filosofi pendidikan rabbâniy, prinsip – prinsip pendidikan rabbâniy, kurikulum pendidikan rabbâniy (tujuan, materi ajar rabbâniy, metode mengajar rabbâniy, evaluasi rabbâniy, guru dan murid rabbâniy). Dengan konstruksi ini diharapkan mampu mendasari proses pendidikan Islam yang menselaraskan antara tujuan penciptaan manusia, tujuan hidupnya dan tujuan pendidikan Islam yang rabbâniy.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 04:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 04:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72275 |
Actions (login required)
View Item |