MESRIANTY, - (2023) OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN SOFT SKILLS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DISERTASI MESRIANTY.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Optimalisasi Pemberdayaan Soft Skills Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru, Disertasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Mesrianty, 2023 Pembinaan dan pengembangan profesioal guru seharus dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya mengarah pada peningkatan kompetensi, tetapi juga termasuk aspek soft skills guru. Sesuai dengan hasil studi awal, selama ini tampaknya secara khusus di Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Pekanbaru belum ada program yang memfokuskan pada pemberdayaan soft skills guru. Untuk itulah diperlukan riset yang mengkaji secara menyeluruh kualitas pemberdayaan soft skills yang selama ini terlaksana oleh pimpinan madrasah dan kualitas soft skills para guru saat ini. Selanjutnya dengan diketahuinya fakta tersebut, maka akan diupaya perancangan pola strategi pemberdayaan soft skills guru. Penelitian dengan menggunakan metode kombinasi (mixeds metods) dengan model sequential explanatory dengan pendekatan studi lapangan ini melibatkan tiga kepala madrasah sebagai responden, yakni kepala MTsN 1 Pekanbaru, kepala MTsN 2 Pekanbaru, dan kepala MTsN 3 Pekanbaru dengan menggunakan instrumen wawancara. Sedangkan pengukuran kualitas soft skills guru melibatkan seluruh guru ketiga MTsN tersebut dengan jumlah 168 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pemberdayaan soft skills yang selama ini terlaksana oleh pimpinan madrasah dikaterikan sedang; (2) kualitas soft skills para guru dikategorikan sedang; dan (3) pola strategi yang peneliti desain adalah Pola Oval Startegi Pemberdayaan Soft Skills Guru. Pola strategi ini dibagi pada dua bagian. bagian pertama sebagai pendesain serta pelaksana program adalah kepala madrasah yang berkoordinasi dengan Kementerian Agama, pengawas madrasah, serta lembaga diklat yang dapat mendukung progam. Bagian pertama ini merupakan penopang tegaknya atau terlaksananya aktivitas optimalisasi pemberdayaan yang digambarkan dalam bentuk peta atau pola oval yang merupakan bagian kedua dari gambar. Pada bagian kedua seluruh materi pemberdayaan soft skills guru saling terkait dan harus dibina secara holistik dan kontiniu dalam proses diklat maupun kegiatan selain diklat. Kata Kunci: Optimalisasi, Pemberdayaan, Soft Skills
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 03:03 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 03:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72270 |
Actions (login required)
View Item |