Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN INOVASI PELAYANAN LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) PEKANBARU

YURDA SYAHRIAYU, - (2023) PENERAPAN INOVASI PELAYANAN LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN INOVASI PELAYANAN LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG PEKANBARU OLEH : YURDA SYAHRIAYU NIM. 11970524788 Sistem informasi berkas permohonan lelang (Sibelalang) merupakan bentuk inovasi pelayanan lelang yang didasari semangat reformasi birokrasi dan dalam rangka membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi pelayanan lelang dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator penelitian menggunakan teori Rogers yaitu meliputi Keuntungan Relative, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, dan Kemudahan Diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Inovasi Pelayanan Lelang masih belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan masih adanya pemohon lelang yang kesulitan dalam mengakses, masih menemui beberapa kerumitan dan kendala lainnya seperti, verifikasi data dan dokumen, informasi, jaringan internet yang tidak stabil dan beberapa pelayanan lelang masih mengharuskan pemohon untuk datang kekantor. Adapun faktor pendukungnya yaitu Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) yang mendukung, Suember Daya Manusia (SDM) yang memadai, sarana dan prasarana yang memadai, tuntutan reformasi birokrasi oleh kemenkeu dan masyarakat yang kooperatif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu aplikasi belum terlalu user-friendly sehingga belum dapat digunakan melalui mobile phone, biaya pengembangan inovasi yang cukup besar dan jaringan internet yang tidak stabil. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Pelayanan Lelang, Penerapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Jul 2023 05:27
Last Modified: 03 Jul 2023 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72199

Actions (login required)

View Item View Item