Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTRIBUSI TINGKAT DISIPLIN BELAJAR DAN KETEPATAN METODE MENGAJAR TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA-KAMPAR

HELDI FIRMA, - (2023) KONTRIBUSI TINGKAT DISIPLIN BELAJAR DAN KETEPATAN METODE MENGAJAR TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANGKINANG KOTA-KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS HELDI FIRMA.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Heldi Firma, (2023): Kontribusi Tingkat Disiplin Belajar dan Ketepatan Metode Mengajar terhadap Sikap Belajar Siwa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tingkat disiplin belajar dan ketepatan metode mengajar terhadap sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar sebanyak 299 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,464 > 0,113) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 21,6%. Ketepatan metode mengajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,128 > 0,113) dengan nilai sig. 0,027 < 0,005, dengan besar kontribusi 021,7%. 16%. Terdapat kontribusi yang signifikan kontribusi tingkat disiplin belajar dan ketepatan metode mengajar secara simultan terhadap sikap belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota-Kampar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai F hitung > F tabel (42,558 > 3,03) dengan besar konribusi 22,3%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 22,3%. Sedangkan sisanya sebesar 77% disumbangkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Tingkat Disiplin Belajar, Ketepatan Metode Mengajar, Sikap Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:10
Last Modified: 27 Jun 2023 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72150

Actions (login required)

View Item View Item