Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTERAKSI PADA CONTENT MARKETING VIDEO PENDEK VIERA OLEH-OLEH PEKANBARU DI TIKTOK

Herza Rozanah, Herza (2023) INTERAKSI PADA CONTENT MARKETING VIDEO PENDEK VIERA OLEH-OLEH PEKANBARU DI TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu teknologi terus mengalami peningkatan dan semakin berkembang, begitu juga dalam melakukan pemasaran yang kini dapat dilakukan dengan jaringan internet. Hal ini juga dilakukan oleh Viera Oleh-Oleh Pekanbaru dalam mempromosikan produk-produk mereka melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi pada conten marketing video pendek Viera oleh-oleh Pekanbaru di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis netnografi melalui 6 tahapan, yakni Inisiasi, Investigasi, Interaksi, Imersi, Integrasi dan Inkarnasi (komunikasi). Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan beberapa bentuk respon masyarakat pada akun TikTok @vieraoleholeh, diantaranya (1) Mengapresiasi produk yang ada di Viera Oleh-Oleh; (2) Inspirasi dalam mengelola bisnis; (3) Hiburan dalam konten promosi; (4) Kolom komentar sebagai tempat pelayanan pelanggan; (5) Terbentuknya circle pembicaraan pada kolom komentar. Tiktok @vieraoleholeh sebagai media promosi berhasil menciptakan interaksi dengan para followers-nya. Dapat dilihat pada kolom komentar yang ada pada konten @vieraoleholeh, akun TikTok @vieraoleholeh cukup aktif membalas komentar-komentar yang disampaikan oleh penonton kepada mereka sebagai bentuk pelayanan. Selain interaksi yang terjadi antara pemilik akun @vieraoleholeh dengan para followers-nya, terlihat juga interaksi yang terjadi antar sesama followers. Hal ini terjadi karena konten-konten promosi yang ditampilkan oleh @vieraoleholeh terbilang menarik, dengan memasukkan unsur komedi pada beberapa konten promosinya membuat penonton tertarik untuk berinteraksi pada kolom komentar akun TikTok @vieraoleholeh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Video Pendek, Viera Oleh Oleh Pekanbaru, TikTok
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:38
Last Modified: 23 Jun 2023 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72016

Actions (login required)

View Item View Item