Nurhasnawati and Suhertina, - and Fitra Herlinda, - and Devi Arisanti, - and Murny and Martius (2023) Kontribusi kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan keagamaan terhadap hasil belajar agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9 (1). pp. 12-17. ISSN ISSN: 2502-8103 (Print) ISSN: 2477-8524 (Electronic)
|
Text
2720-7736-1-PB (1).pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan berpikir kritis dan keterikatan pelajaran agama terhadap hasil belajar Agama Islam. Sampel penelitian ini adalah 116 siswa MTs N 1 Pekanbaru (laki-laki = 30,6%; perempuan = 69,4%). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental (non probability sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan belajar agama islam. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Temuan pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis (X1) dan ketertarikan belajar agama islam (X2) terhadap hasil belajar agama islam (Y) sebesar 33%. Nilai persamaan regresi: Ŷ = 5.989 + 0.243X1 + 0.330X2, artinya setiap kenaikan satu poin pada kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan, diiringi oleh peningkatan sebesar 0.537 hasil belajar agama islam. Koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh variabel kemampuan berpikir kritis (X1) dan ketertarikan (X2) terhadap hasil belajar agama islam (Y) adalah positif, yang memiliki makna bahwa kenaikan kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan dalam belajar agama islam, secara langsung akan meningkatkan hasil belajar agama islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 09:06 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72010 |
Actions (login required)
View Item |