VIONA LESTARI, - (2023) PENGARUH DISKON MEMBER CARD TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ALLEA OUTFIT PEKAN BARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
|
Text
SKRIPSI VIONA LESTARI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Viona Lestari, (2023) : Pengaruh Diskon Member Card Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Allea Outfit Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya strategi pemasaran yang seringkali digunakan oleh perusahaan ritel untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya salah satu nya Allea Outfit yang memberikan diskon bagi konsumen yang mempunyai member card. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah diskon member card berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Allea Outfit. Dan bagaimana pemberian diskon member card terhadap keputusan pembelian konsumen Allea Outfit menurut ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan lokasi Jl. Delima No.11, Allea Outfit Pekanbaru, dengan populasi 276 orang konsumen yang mempunyai member dan 1 manajer serta owner Allea Outfit. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu metode purposive sampling dengan rumus slovin dengan hasil sebanyak 74 responden. Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan Kuesioner dan teknik analisis datanya menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = Y = 1.949+ 0.442 X, artinya bahwa variabel diskon member card berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Hal ini diuji dengan menggunakan uji t, yang mana menunjukkan diskon member card berpengaruh positif karena dari hasil uji t, diketahui bahwa nilai t hitung = 9.633 > ttabel = 1.993 nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa R Square sebesar 0,563 nilai tersebut menggambarkan diskon member card mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 56,3 %, Sedangkan sisanya 43,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji korelasi nilai R sebesar 0,750 yang berarti bahwa hubungan antara diskon member card dengan keputusan pembelian konsumen memiliki hubungan yang kuat. Tinjauan Ekonomi Syariah pada dasarnya hukum pemberian diskon dalam islam diperbolehkan, akan tetapi harus terhindar dari riba, penipuan, madharat, sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Kata Kunci: Diskon Member Card, Keputusan Pembelian Konsumen, Ekonomi Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 04:10 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71878 |
Actions (login required)
View Item |