Ratna Sari,, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V MI Al Barokah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
||
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ratna Sari, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V MI Al Barokah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata muatan pelajaran IPA melalui model pembelajaran group investigation di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya siswa kurang mampu menganalisis sebuah fakta, siswa kurang mampu mencari solusi alternatif terhadap penyelesaian soal, siswa kurang mampu memecahkan dan menyelesaikan masalah, siswa kurang mampu memberikan alasan mengapa memilih jawaban tersebut, siswa belum mampu menarik kesimpulan dari solusi permasalahan yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 27 orang siswa kelas V Madrasah Ibitidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa mencapai rata-rata 54,97% berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan model pembelajaran group investigation pada siklus I, nilai kemampuan berpikir kritis siswa sedikit meningkat dengan rata-rata 67,59% dengan kategori kurang. Pada siklus II nilai kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 79,63% dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation pada muatan pelajaran IPA dapat meningkat kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Madrasah Ibitidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 04:19 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 04:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71877 |
Actions (login required)
View Item |