ELI SUTRAWATI, - (2023) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN DARUN NAHDHOH BANGKINANG KAMPAR RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN YARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS FULL KECUALI BAB IV ELI SUTRAWATI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS BAB IV ELI SUTRAWATI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
Abstract
ABSTRAK Eli Sutrawati, (2022): “Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Darun Nahdhoh Bangkinang Kampar Riau” Adapun tentang gaya kepemimpinan, peneliti melakukan kajian atau penelitian dengan judul: Gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Darun Nahdhoh Bangkinang Kampar Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Darun Nahdhoh Bangkinang Kampar Riau. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Darun Nahdhoh Bangkinang Kampar Riau telah terlaksana dengan baik. Hal ini telah memenuhi indikator-indikator yang telah dituliskan sebelumnya, yaitu: pertama, pemimpin memiliki visi, misi, tujuan yang jelas dan mempunyai semangat untuk berbagi ide dan pengalaman. Kedua, pemimpin memberikan kewenangan kepada guru untuk meningkatkan kinerja mereka. Ketiga, pemimpin mengembangkan aktualisasi diri serta mengakui kemampuan, potensi dan nilai-nilai individu guru. Keempat, pemimpin mampu menumbuhkan sikap percaya diri dan kemandirian guru. Kelima, pimpinan harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap peningkatan sekolah, fokus pada pengembangan kurikulum, menfasilitasi dan mendukung guru dalam pengembangan kompetensinya. Keenam, pemimpin mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kompetensi guru. Ketujuh, pimpinan selalu memberikan saran dan bimbingan kepada guru atas kinerjanya dalam pembelajaran. Kedelapan, pemimpin berupaya menciptakan budaya organisasi sekolah yang kondusif supaya kinerja guru merasa nyaman dan tidak terganggu. Kesembilan, pemimpin selalu berusaha menciptakan pembaruan, keunggulan komparatif, dan memanfaatkan berbagai peluang supaya proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Kesepuluh, pemimpin memberikan penghargaan atas prestasi yang diperoleh guru dan itu menjadi budaya di pesentren. Kesebelas, pemimpin memperdayakan guru-guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan baik, lancar, dan produktif. Keduabelas, pemimpin menjalin hubungan yang harmonis dengan guru. Ketigabelas, pemimpin mendorong guru untuk menyadari pentingnya hasil pekerjaan. Keempatbelas, pemimpin mendorong guru dan bawahan untuk lebih mendahulukan kepentingan lembaga yakni pesantren. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 08:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 08:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71742 |
Actions (login required)
View Item |