PUTRI HAZMITA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL SISWA DI MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PUTRI HAZMITA(2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIKERAGAMAN BUDAYA BANGSA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL SISWA DI MAN 1 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional Siswa di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Enterpreneur yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS Riset yang berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45 menjadi 86,36 pada nilai posttest. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 1 Pekanbaru adalah 91,9%. Kata Kunci: Model Reciprocal Learning, Hasil Belajar, Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 08:29 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 08:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71658 |
Actions (login required)
View Item |