Lusi Nopita Sari, Lusi (2023) PENERAPAN METODE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYAAN DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD BABUSSALAM PEKANARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan percaya diri siswa pada muata pelajaran IPS kelas IV di SD Babussalam Pekanbaru melalui metode pair check. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa. Objek penelitian ini adalah metode pair check dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pair check dapat meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini ketahui sebelum tindakan percaya diri siswa diperoleh dengan persentase 42,5% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus I diperoleh percaya diri siswa dengan persentase 78,43% berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II diperoleh percaya diri siswa dengan persentase 91,40% berada pada kategori sangat baik. Artinya penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang diterapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pair check dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV di SD Babussalam Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pair Check, Percaya Diri. |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 04:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 04:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71639 |
Actions (login required)
View Item |