NURAFNI, - (2023) NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL “PARABLE” KARYA BRIAN KHRISNA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
Abstract
NURAFNI(2023) : NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL “PARABLE” KARYA BRIAN KHRISNA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA Dewasa ini dunia pendidikan mengalami degrasi moral, yang berdampak buruk bagi karakter peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan penguatan nilai pendidikan moral terutama bagi peserta didik, melalui karya sastra. Sastra dianggap sebagai hasil kehidupan yang terkandung nilai pendidikan terutama nilai pendidikan moral yang mampu sebagai media motivasi dan pembelajaran bagi pembacanya agar angka degrasi moral dalam lingkungan pendidikan tidak terulang kembali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan ialah teknik baca dan tulis secara runtut. Adapun teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik content analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan dalam novel yang berjudul “Parable” karya Brian Khrisna, tetapi penulis memfokuskan penelitian ini pada nilai pendidikan moral karena dalam novel tersebut sarat akan nilai pendidikan moral. Secara spesisifik data yang ditemukan ada sebanyak 15 buah data nilai pendidikan moral yang terbagai ke dalam 9 klasifikasi, antara lain: nilai jujur sebanyak 1 buah nilai, nilai kerja keras sebnayak 1 buah nilai, nilai mandiri 1 buah nilai, nilai bersahabat/komunikatif sebanyak 2 buah nilai, cinta damai sebanyak 1 buah, nilai peduli sosial sebanyak 4 buah data, nilai tanggung jawab sebanyak 3 buah, nilai berani sebanyak 1 buah nilai, nilai pantang menyerah sebanyak 1 buah nilai, berdasarkan data di atas nilai pendidikan moral pada novel ini dapat diimplikasikan pada bahan ajar apresiasi sastra di sekolah kelas XII, sesuai kompetensi dasar menikmati novel (unsur intrinsik dan ekstrinsik)novel. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Moral, Novel Parable, Implikasi, Bahan Ajar Apresiasi Sastra.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:39 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71459 |
Actions (login required)
View Item |