Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

NABILLAH ULFAH ARIF, - (2023) EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PRE-LECTURE QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nabillah Ulfah Arif (2023) : Efektivitas Problem-Based Learning Dengan Menggunakan Pre-Lecture Quiz Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan Pre-Lecture Quiz (PLQ) efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang berlangsung cenderung berpusat kepada guru dan menjadikan siswa pasif, untuk pembelajaran yang efektif dan bermakna siswa perlu terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, hal ini merupakan salah satu cara untuk membentuk keterampilan berpikir kriitis yang dimiliki siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi – eksperimen dan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru materi laju reaksi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai uji-t adalah 0.000, lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan untuk menolak H0 dan menerima Ha. Nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 76.8% masuk kedalam kategori efektif dan kelas kontrol sebesar 62% masuk kedalam kategori cukup efektif (2) Indikator keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol terutama pada indikator mengatur strategi dan taktik dengan masing-masing persentase 84.21% dan 76.01%. Kesimpulannya pembelajaran PBL dengan menggunakan PLQ efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Efektifitas, Problem Based Learning (PBL), Pre-Lecture Quiz (PLQ), Berpikir Kritis, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:20
Last Modified: 08 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71407

Actions (login required)

View Item View Item