Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

WULAN KURNIA SARI, - (2023) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Wulan Kurnia Sari, (2023): Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan percaya diri pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru melalui model student facilitator and explaining. Penelitian ini dilaksanakan untuk menangani masalah percaya diri siswa diantaranya siswa kurang berani tampil di depan kelompok/kelas, siswa kurang mampu menyampaikan materi dengan baik dan siswa kurang berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model student facilitator and explaining dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan percaya diri siswa diperoleh dengan rata-rata persentase 55.3% berada pada kategori “Kurang Baik”. Pada siklus I diperoleh percaya diri siswa dengan rata-rata persentase 70.3% berada pada kategori “Kurang Baik”. Pada siklus II diperoleh percaya diri siswa dengan ratarata persentase 85.2% berada pada kategori “Baik”. Atinya percaya diri siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Percaya Diri, Model Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:13
Last Modified: 07 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71392

Actions (login required)

View Item View Item