AHMAD SIDDIKKI, - (2023) HAK DAN KEWAJIBAN DAN EKSITENSI KAUM DIFABEL PERSPEKTIF TAFSIR AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI AHMAD SIDDIKKI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hak dan Kewajiban Kaum Difabel Menurut Perspektif Al-Qur’an”. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah muncul berbagai permasalahan pembahasan yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan demokratis yang harus juga diperhatikan adalah mengenai mereka yang berkebutuhan khusus, dengan tidak memandang mereka sebelah mata, tidak juga mendiskriminasikan mereka.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hak dan kewajiban kaum difabel Menurut perspektif al-qur’an yang meneladani kisah nabi muhammad saw bermuka masam terhadap sahabat ummi maktum dalam qs ‘abasa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan studi Qur’an dan dan hadist. Sementara itu, sumber sekundernya diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analitis. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan dalam Al-Quran terdapat beberapa istilah yang berkaitam dengan penyandang disabilitas, yaitu: a’ma/umyun, akmah, bukmun, shummun, dan a’raj dan adapun hak dan kewajiban kaum difabel menurut al-Qur’an ada 4 sebagai berikut: a) Hak terjaga kehormatannya sebagai manusia, b) Hak Mendapatkan Pengobatan dan Rehabilitasi, c) Hak Mendapatkan Pendidikan, d) Hak Perlindungan Sosial. Kata kunci: Hak dan Kewajiban, Kaum Difabel, Perspektif Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | fushu - |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 03:23 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71378 |
Actions (login required)
View Item |