Helpi Nurdian (2015) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN DI PT. MITRA PHINASTIKA MUSTIKA FINANCE KANTOR PEMASARAN BAGAN BATU KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Pembiayaan konsumen ini sangat membantu masyarakat didalam pemenuhan kebutuhan akan barang-barang konsumtifnya seperti sepeda motor, alat-alat elektronik, mobil, perabotan rumah tangga, dan lain-lain. Hanya saja dalam pemberian fasilitas pembiayaan tersebut, para pihak lembaga keuangan harus bertindak secara ekstra hati- hati. Di karenakan dari pembiayaan tersebut akan timbul sejumlah resiko yang cukup besar, apakah dana dan bunga dari kredit yang dipinjamkan dapat diterima kembali atau tidak. Untuk memperkecil risiko kerugian di atas, maka diperlukan suatu peraturan atau prosedur yang tepat dan benar dalam pemberian pembiayaan konsumen. Prosedur pemberian kredit tidak tergantung pada sedikit atau banyaknya tahapan yang harus dilalui oleh calon debitur, tetapi yang menjadi perhatian adalah bahwa masing-masing tahapan yang ada telah benar-benar dilaksanakan dengan baik dan tepat. Masalah pokok penelitian ini tentang Bagaimana pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen di Mitra Phinastika Mustika Finance Kantor Pemasaran Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Bagaimana upaya penyelesaian bila terjadi wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian di PT. Mitra Phinastika Mustika Finance Kantor Pemasaran Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Metode yang digunakan dalam penelitaian ini dilihat dari sudut jenisnya tergolong dalam jenis, maka penelitian ini termasuk kedalam metode penelitian lapangan (field research), dimana penulis turun langsung kelapangan untuk mengumpulkan data yang dijadikan bahan dalam penulisan penelitian ilmiah ini. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat dikemukan Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Konsumen PT. Mitra Phinastika Mustika Finance memiliki peraturan atau prosedur yaitu, konsumen yang terhutang harus mengisi formulir pembiayaan, konsumen bertanggung jawab atas kebenaran isi formulir permohonan pembiayaan yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan perjanjian, pembiyaan PT. Mitra Phinastika Mustika Finance dalam perjanjian dengan konsumen memberikan kuasa yang tidak dapat di batalkan. Pencairan fasilitas pembiayaan ini dilakukan setelah konsumen memenuhi semua kewajiban menurut perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Upaya penyelesaian wanprestasi yang di gunakan dalam penyelesaian permasalahan wanprestasi dalam perjanjian ini ada dua cara yaitu upaya penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur non-litigasi di mana perusahaan berupaya melakukan pendekatan atau mediasi terhadap nasabah yang melakukan wanprestasi sedangkan upaya yang terakhir yaitu penyelesaian kredit bermasalah melalui jalur litigasi, apabila upaya yang pertama tidak menemukan penyelesaian maka perusahaan mengambil tindakan hukum atau penyelesaian lewat pengadilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 17:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 17:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7116 |
Actions (login required)
View Item |