Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU

PUTRI LESTARI, - (2023) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
kecuali bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa kelas X IPS mengintegrasikan pendidikan karakter jujur dalam pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS. Sedangkan objek penelitian ini adalah integrasi pendidikan karakter jujur dalam pembelajaran ekonomi. Informan kunci dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Snowball Sampling yang berjumlah 6 siswa dan informan tambahannya adalah guru bidang studi ekonomi kelas X IPS berjumlah 1 orang guru ekonomi. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa integrasi pendidikan karakter jujur siswa pada pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru yang meliputi 5 indikator. Pertama, mengatakan sesuatu dengan benar walaupun itu pahit, kedua, menghindari perbuatan menipu, mencontek, plagiat atau mencuri, ketiga, memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu yang benar, keempat, kesesuaian antara kata dan perbuatan dan kelima, selalu berbuat kebaikan. Maka, diperoleh bahwa integrasi pendidikan karakter jujur dengan kategori secara keseluruhan tergolong sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 May 2023 04:35
Last Modified: 23 May 2023 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71021

Actions (login required)

View Item View Item