Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENCAMPURAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) KE DALAM AIR MINUM TERHADAP PERSENTASE BERAT ORGAN DALAM AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU)

RADIKA KHOFI AINI N.F, - (2023) PENGARUH PENCAMPURAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) KE DALAM AIR MINUM TERHADAP PERSENTASE BERAT ORGAN DALAM AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENCAMPURAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) KE DALAM AIR MINUM TERHADAP PERSENTASE BERAT ORGAN DALAM AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU) Radika Khofi Aini N.F (11880123582) Dibawah bimbingan Evi Irawati dan Edi Erwan INTISARI Daun jambu mete mengandung beberapa unsur senyawa kimia yaitu tanin, asam anakardat, kardol, karbohidrat, protein lemak, vitamin dan mineral. Kandungan senyawa tanin, saponin, resin, alkaloid dan flavonoid pada EDJM juga berfungsi sebagai antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level EDJM (Anacardium Occidentale Linn) dalam air minum terhadap berat organ dalam yang meliputi hati, rampela (Gizard) dan usus halus pada ayam kampung unggul (ULU). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2022, yang dilakukan di kandang penelitian Laboratorium Teknologi Produksi Ternak bekerjasama dengan Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station ( UARDS ) FPP UIN Suska Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 4 ekor ayam kampung. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (EDJM 0%/L air minum), P1 (EDJM 10%/L air minum) dan P2 (EDJM 20%/L air minum). Parameter yang diukur adalah persentase bobot hati, persentase rampela (Gizard), dan persentase usus halus. Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan EDJM di dalam air minum ayam kampung ulu hingga 20% tidak berbeda nyata (P<0,05) terhadap persentase bobot hati, persentase bobot gizard dan persentase bobot usus halus ayam kampung ULU. Keseimpulan dari penelitan ini adalah bahwa penggunaan EDJM pada air minum hingga level 20% dapat mempertahankan persentase bobot hati,gizard dan usus halus.. Kata kunci: Antibiotik, Ayam Kampung ULU, Daun Jambu Mete, EDJM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 May 2023 03:54
Last Modified: 22 May 2023 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70995

Actions (login required)

View Item View Item