Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN CALON PENGANTIN DALAM MEMINIMALISIR ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI KANTOR BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN PELESTARIAN PERKAWINAN MAJELIS ULAMA INDONESIA KOTA PEKANBARU)

MUHAMMAD DZAKY, - (2023) DAMPAK PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN CALON PENGANTIN DALAM MEMINIMALISIR ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI KANTOR BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN PELESTARIAN PERKAWINAN MAJELIS ULAMA INDONESIA KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD DZAKY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Dzaky, (2023): Dampak Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin Dalam Meminimalisir Angka Perceraian (Studi Kasus di Kantor Badan Penasihatan Pembinaan Pelestarian Perkawinan Majelis Ulama Indonesia Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin dalam hal ini BP4 MUI kota Pekanbaru salah satu lembaga BP4 yang berperan penting dalam melaksanakan kegiatan bimbingan perkawinan calon pengantin di pekanbaru, agar para calon pengantin mempunyai wawasan lebih terkait dengan keluarga dan untuk mempersiapkan diri baik secara Psikologi, mental dan juga kesehatan serta mengurangi angka perceraian dan mengurangi kekerasan dalam rumah tangga sehingga terwujudnya keluarga yang sakinnah, mawaddah dan warrahmah. Skripsi ini khusus membahas dampak pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin dalam meminimalisir angka perceraian pada BP4 MUI kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin di BP4 MUI kota Pekanbaru dan bagaimana pelaksanaan bimbingan perkawinan di BP4 MUI kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini. Pertama bimbingan perkawinan calon pengantin merupakan suatu bimbingan pemberian bekal pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam waktu singkat kepada calon pengantin yang akan menikah dalam kehidupan rumah tangga dengan dasar hukum keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor: DJ.II/172 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin. Kedua didalam pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin terdapat faktor kendala baik dari pihak peserta bimbingan perkawinan calon pengantin maupun dari situasi dan kondisi lainnya. Ketiga bimbingan perkawinan calon pengantin sangat berdampak baik dan efisien dalam meminimalisir angka perceraian. Keempat peran dari pihak BP4 dan peran dari para peserta bimbingan perkawinan calon pengantin untuk meminimalisir angka perceraian sangatlah besar. Karena itulah pihak pemerintah membuat peraturan tentang pelaksanaan bimbingan perkawinan calon pengantin ini. Pemerintah sangat mengharapkan setiap keluarga bisa hidup rukun sakinah, mawaddah dan warrahmah, tentunya terhindar dari kekerasan dalam rumah tangga dan dari perceraian. Kata Kunci: Bimbingan perkawinan calon pengantin, Bimwin Catin, MUI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 May 2023 06:06
Last Modified: 17 May 2023 06:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70938

Actions (login required)

View Item View Item