Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU

ANGGUN PUSPITA SARI, - (2023) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anggun Puspita Sari (2023): Pengaruh Pemahaman Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep diri siswa dan kemandirian belajar siswa di MAN 3 Pekanbaru serta apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI jurusan IPS, sementara yang menjadi objeknya adalah pemahaman konsep diri dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPS kelas XI sebanyak 71 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan pemahaman konsep diri siswa di MAN 3 Pekanbaru tergolong baik dengan rata-rata persentase 80,24% dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekanbaru tergolong baik dengan ratarata persentase 78,50%. Terdapat pengaruh yang signifikan pemahaman konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekanbaru yang ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,762 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,232 < 0,762 > 0,302) dengan besar pengaruhnya 58,1% yang diperoleh dari uji determinasi. Besar pengaruh tersebut tergolong dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Diri, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 02:35
Last Modified: 17 May 2023 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70910

Actions (login required)

View Item View Item