Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK No. 109) PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SIAK

A.BAIHAKKI FADHLI, - (2023) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK No. 109) PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH (PSAK No. 109) PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN SIAK A.BAIHAKKI FADHLI 1673102910 ABSTRAK Kemiskinan merupakan salah satu masalah utama pada negara-negara berkembang seperti Indonesia. Untuk mengaplikasikan kepedulian sosial dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia, Islam memberikan sebuah media yang dikenal dengan sebutan zakat. PSAK 109 menjelaskan bahwa zakata adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh wajib zakat (muzakki) sesuai dengan ketentuan syariah untuk diberikan kepada yang berhak menerima (mustahiq). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaporan akuntansi zakat, dan infak/sedekah di BAZNAS Kabupaten Siak sudah sesuai dengan PSAK 109. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Dalam metode ini pengumpulan data berdasarkan kenyataan yang terjadi malalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Siak belum menerapkan pencatatan laporan keuangan sesuai dengan PSAK 109. Sebaiknya pimpinan BAZNAS Kabupaten Siak segera menerapkan PSAK 109 dalam penyajian laporsan keuangan agar BAZNAS Kabupaten Siak memiliki laporan keuangan yang berkualitas guna menunjang transparasi dan akuntabilitas. Kata kunci: zakat,infak/sedekah,laporan keuangan,PSAK 109.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 16 May 2023 04:12
Last Modified: 16 May 2023 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70860

Actions (login required)

View Item View Item