Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS RIMPANG DAN WAKTU PERENDAMAN BERBEDA TERHADAP pH, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING BROILER

YUKE PUTRI ALINSI, - (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS RIMPANG DAN WAKTU PERENDAMAN BERBEDA TERHADAP pH, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING BROILER. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS RIMPANG DAN WAKTU PERENDAMAN BERBEDA TERHADAP pH, DAYA MENGIKAT AIR DAN SUSUT MASAK DAGING BROILER Yuke Putri Alinsi (11681204441) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Jully Handoko INTISARI Beberapa upaya dapat dijadikan untuk mempertahankan kualitas daging salah satunya adalah dengan metode perendaman atau marinasi yang menggunakan beberapa jenis rimpang seperti jahe, kunyit dan lengkuas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu perendaman yang berbeda terhadap pH, daya ikat air dan susut masak daging broiler. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial (4x3) dengan 3 ulangan. Faktor A terdiri dari jenis rimpang yaitu, A0 = tanpa penggunakan rimpang ; A1 = menggunakan rimpang jahe 5% ; A2 = menggunakan rimpang kunyit 5% ; A3 = menggunakan rimpang lengkuas 5% dan faktor B terdiri dari B0 = tanpa perendaman 0 jam ; B1 = 6 jam dan B2 = 12 jam. Parameter yang diamati meliputi potensial hidrogen (pH), daya mengikat air (DMA), dan susut masak. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tidak terjadi interaksi (P>0,05) antara jenis rimpang dan waktu perendaman terhadap pH, daya mengikat air dan susut masak daging broiler. Faktor jenis rimpang memberikan pengaruh tidak nyata (P<0,05) terhadap peningkatan pH, daya mengikat air dan susut masak daging broiler. faktor waktu perendaman memberikan pengaruh nyata (P<0,01) terhadap peningkatan pH daging broiler, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap susut masak dan daya meningat air daging broiler. Dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang memberikan hasil terbaik adalah waktu perendaman 0 jam dan 6 jam karena menghasilkan daging ayam yang baik dengan pH yang mendekati pH daging segar. Kata kunci : Jahe, kunyit, dan lengkuas; waktu perendaman; pH, daya mengikat air (DMA), susut masak daging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 May 2023 08:09
Last Modified: 12 May 2023 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70809

Actions (login required)

View Item View Item