Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS

PUTRI LAYONA FAMELLA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Layona Famella, (2023) : Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Eduction (RME) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent posttest only group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.7 MTsN 1 Pekanbaru sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IX.9 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data rata-rata kemampuan representasi matematis kemudian dianalisis menggunakan uji man whitney u. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Artinya pembelajaran RME berbasis etnomatematika berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Pembelajaran RME berbasis etnomatematika dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa Kata Kunci : Etnomatematika, Kemampuan Representasi Matematis, Realistic Mathematics Education (RME), Transformasi Geometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 May 2023 06:14
Last Modified: 04 May 2023 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70503

Actions (login required)

View Item View Item