Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROGRAM LPTK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SE INDONESIA

Hartono, - and MARDIA HAYATI, - and Mirawati, - PROGRAM LPTK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SE INDONESIA. Hasil Penelitian atau hasil pemikiran yang diseminarkan tapi tidak dipublikasikan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN HARTONO 2018.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui program apa saja yang dilakukan LPTK UIN se Indonesia dan bagaimana implementasinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk program yang dibuat oleh LPTK dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 di Universitas Islam Negeri se Indonesia dan bagaimana efektifitas program LPTK terhadap Impementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 di Universitas Islam Negeri se Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Instrument yang digunakan adalah wawancara dengan unsur pimpinan dosen dan mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah membandingkan antara kondisi di lapangan dengan harapan yang diinginkan oleh pemerintah dalam hal ini adalah kementrian agama. Adapun hasil penelitian secara umum adalah dari tiga UIN sebagai sampel penelitian yaitu UIN Alaudin Makasar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Suska Riau belum membuat program khusus untuk sosialisasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, tidak ada program yang dibuat secara khusus yang masuk dalam anggaran DIPA perguruan tinggi masing-masing. Secara umum Perguruan tinggi juga tidak membuat kegiatan khusus untuk sosialisasi dan peningkatan pemahaman Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang dilakukan untuk Dosen dan Mahasiswanya. Implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 tidak berjalan maksimal, sehingga tidak tercapai sasaran pemerintah untuk mewujudkan 2 implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Masih ditemukan dosen yang tidak tahu dengan perubahan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, Begitu juga mahasiswa banyak yang tidak mengetahui adanya perubahan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Hal ini terjadi tidak terlepas dari proses kegiatan sosialisasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang tidak dibuat dan dianggarkan oleh LPTK sebagai salah satu sektor penting dalam memasyarakatkan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 20 Apr 2023 02:47
Last Modified: 20 Apr 2023 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70288

Actions (login required)

View Item View Item