Ari Pani Desvina, - PENERAPAN METODE BOX-JENKINS UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUSKA RIAU.
|
Text
Penerapan Metode Box-Jenkins untuk Memprediksi Jumlah Mahasiswa.pdf Download (355kB) | Preview |
Abstract
Jumlah mahasiswa suatu perguruan tinggi mengalami peningkatan dan penurunan seperti di UIN Suska Riau, dengan demikian perlu adanya prediksi atau peramalan untuk mengetahui jumlah mahasiswa UIN Suska Riau setiap tahunnya, agar semua kebijakan dan keputusan dalam menyusun perencanaan ke depan dapat terpenuhi dengan baik sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran UIN Suska Riau. Penelitian ini membahas tentang trend data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau, dan menemukan model terbaik untuk data jumlah mahasiswa tersebut, serta menentukan hasil estimasi jumlah mahasiswa UIN Suska Riau pada waktu yang akan datang. Data pengamatan yang digunakan adalah data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau dari Tahun Akademik 1966/1967 sampai 2012/2013. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Box- Jenkins. Dalam membangun model pada metode Box-Jenkins terdiri dari empat langkah dasar, yaitu langkah identifikasi model, estimasi parameter model, pemeriksaan diagnostik dan prediksi. Hasil analisis pada penelitian ini mendapatkan model terbaik untuk data jumlah mahasiswa UIN Suska Riau yaitu model ARIMA(0,2,3), dan model ini dapat digunakan untuk analisis prediksi jumlah mahasiswa untuk 10 tahun yang akan datang. Hasil prediksi menunjukkan bahwa adanya peningkatan jumlah jumlah mahasiswa UIN Suska Riau dari Tahun Akademik 2013/2014 sampai 2022/2023 jika dibandingkan dari waktu sebelumnya. Kata Kunci: ARIMA, Box-Jenkins, jumlah mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika |
Depositing User: | Gusneli - |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 03:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70114 |
Actions (login required)
View Item |