Sukma Erni and Yasnel, - and Elya Roza and Melfa Yola, - and Salmiah (2020) PENDAMPING BELAJAR ATAU GURU BARU? FENOMENA AKTIFITAS IBU DALAM PROSES BDR SISWA SD MASA PANDEMI COVID 19. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 19 (2). pp. 108-120. ISSN p-ISSN: 1412-6095|e-Issn: 2407-1587
|
Text
11252-33622-1-PB.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
Program Belajar Dari Rumah (BDR) yang harus dilaksanakan akibat pendemi covid 19 secara langsung menambah beban kerja ibu sebagai pendamping belajar anak menggantikan tugas guru. Selain fasilitas yang digunakan, kesulitan yang ditemukan terkait dengan pembagian waktu kerja antara kerja rumah tangga dan pendampingan anak, kesulitan materi belajar anak, mendisiplinkan anak untuk belajar. Dampaknya pendampingan belajar hanya menjadi kegiatan sambilan setelah meneyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Kesulitan yang dihadapi ibu tidak terlepas dari tingkat Pendidikan, komunikasi orang tua dan sekolah (guru) dan beban ganda ibu dalam urusan rumah tangga. Kata Kunci : Beban Ganda, BDR, Keberdayaan Pendidikan, Pandemi Covid, Pendampingan Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 06:15 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 06:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69643 |
Actions (login required)
View Item |